Menu

Mode Gelap
 

Daerah · 16 Jan 2024 22:05 WIB ·

EMP Gebang Limited Bina UMKM di Desa Bubun dan Tapak Kuda, Kab. Langkat Untuk Memajukan Perekonomian Masyarakat.


 EMP Gebang Limited Bina UMKM di Desa Bubun dan Tapak Kuda, Kab. Langkat Untuk Memajukan Perekonomian Masyarakat. Perbesar

 

Oleh. TUMIRAN – DEWAN REDAKSI

TBOS (Langkat).- EMP Gebang Limited telah melakukan pembinaan terhadap kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bubun dan Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat Sumatera Utara, Selasa(16/01/2024).

 

Dari kedua UMKM ini mampu menghasilkan 6 jenis produk makanan olahan. Keberadaan UMKM ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat, dan UMKM ini ada, berkat bentuk kepedulian EMP Gebang Limited, yang diketahui sudah diciptakan sejak tahun 2022.

Selanjutnya bahan baku yang di olah para UMKM ini berasal dari Desa setempat, terkhusus lagi, bahan bakunya berbahan baku ikan nan.

Pantauan awak media ini, terlihat pihak perusahan melakukan peninjauan atau monitoring “Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Gebang Limited”.

Kelompok UMKM ini sudah dibina oleh pihak EMP Gebang Limited dan terus melakukan pemantau bagi UMKM.

“Harapan kita, dengan UMKM ini dapat menambah penghasilan bagi kaum ibu-ibu, di mana diketahui kaum ibu-ibu ini sering tinggal di rumahnya. Sementara sang suaminya pergi melaut mencari ikan,” ucap M Hanshardi, selaku Media Relation EMP.

Hanshardi menuturkan, produk yang dihasilkan yang diusahakan kaum ibu-ibu ini di antaranya:

1. Kerang crispy
2. Barai crispy
3. Kue bawang kecepai
4. Peyek
5. Abon ikan
6. Keripik singkong pedas

“UMKM ini terletak di Desa Bubun dan Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. UMKM ini sudah ada sejak tahun 2022,” ucapnya.

“Para UMKM ini juga semulanya sudah diberi pelatihan, sudah diberi bantuan dana awal, serta sudah dibantu peralatan kebutuhan UMKM,” beber Hanshardi, seraya mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan, di mana di desa tersebut merupakan lokasi tempat kegiatan proses seismic dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengeboran sumur Migas yang baru.

Turut hadir langsung dalam monitoring Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Gebang Limited, diantaranya M Hanshardi selaku Media Relation EMP, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut, Yanin Kholison, dan Ronny Lilipaly selaku Field Coordinator EMP Gebang Limited.

Sumber : Muhammad Heri Syahputra

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Polsek Pangkalan Brandan Melaksanakan Upacara, ” Ziarah “, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 116 – 2024 Di Taman Makam Pahlawan.

20 May 2024 - 10:42 WIB

Polsek Tanjung Pura Diwakili Kanit Samapta Ipda Hady Rahmanto Menghadiri Pelepasan Jamaah Haji Di Masjid Azizi, Tanjung Pura –

19 May 2024 - 10:16 WIB

Masyarakat Kirim Papan Bunga Atas Keberhasilan Polsek Hinai Yang Dipimpin Kanit Reskrim Iptu Sukma Atmaja.

18 May 2024 - 17:33 WIB

Polsek Tanjung Pura Yang Dipimpin Kanit Samapta “Ipda Hady Rahmanto”, Melaksanakan Pengamanan Bantuan Pangan “Beras”. Di Kantor Pos.

18 May 2024 - 15:14 WIB

Pelepasan Keberangkatan Calon Jemaah Haji/Hajjah Di Kecamatan Tanjung Pura,Kab.Langkat

17 May 2024 - 16:22 WIB

Personil Polsek Tanjung Pura Membantu Pengamanan Penyaluran Bantuan Beras Di Kantor Pos Cab. Tanjung Pura, Langkat Dan Berjalan Dengan Aman

17 May 2024 - 16:11 WIB

Trending di Daerah